02 Jan
Print This Post
Ada sesuatu yang kurang di $SYS$Status

:: HMI/Scada :: Wonderware Add comments
icon

DA Server mengandalkan item khusus untuk mendeteksi komunikasi PLC-PC yaitu $SYS$Status, sedang jika menggunakan IO Server item Status yang harus digunakan. Item ini bernilai 1/true jika komunikasi antara PC-PLC baik, akan 0/false apabila terjadi error komunikasi. Dalam hal network putus, PC IO/DA server mati, atau DA Server tidak aktif $SYS$Status bisa diandalkan, ia mendeteksi dengan baik. $SYS$Status menjadi linglung kalo diterapkan di PLC Siemens dengan kondisi seperti ini : CPU PLC Stop/error sedang Comunication Processor(CP) running normal, $SYS$Status tetap mendeteksi bahwa komunikasi PLC-PC normal.

Untuk membuktikan, mula-mula perhatikan gambar sebuah aplikasi PLC-HMI berikut.
graphics

Untuk uji coba ini saya memakai CPU Siemens S7-414, dan Ethernet Comunication Processor CP 414. Software aplikasi yang digunakan Intouch 9.5 SP1 plus DASIDirect 1.5. Satu tag dengan type IO Interger dibuat sebagai pelengkap analisa.

Setelah semua siap, jalankan PLC dan Window Viewer hasilnya seperti gambar di bawah::
graphics

Berikutnya putuskan kabel network (RJ45), maka DA Server akan memberikan report komunikasi error :
graphics

Berikutnya saya akan menunjukkan bagian dimana $SYS$Status tidak mampu memberikan informasi kondisi PLC sebenarnya. Konek kabel komunikasi kembali, tunggu beberapa saat sampai komunikasi berjalan normal lalu matikan CPU (STOP) sementara biarkan CP dalam kondisi RUN. Lihat hasilnya tidak ada perubahan apa-apa, $SYS$Status masih OK, kecuali nilai pada VAL01 menjadi konstan.
graphics

Tapi menurut saya, hal ini tidaklah sepenuhnya salah. $SYS$Status hanyalah alat untuk mendeteksi komunikasi baik atau tidak, bukan untuk mendeteksi CPU STOP atau RUN. Pada kondisi terakhir komunikasi sebenarnya masih berjalan normal, ini bisa dibuktikan dengan pinging.
graphics

Sementara Siemens juga tidak salah, dengan membuat fitur begini. Dalam kondisi tertentu, misal kita tidak mempunyai tool untuk koneksi via MPI port, masih terbuka peluang untuk konfigurasi PLC via CP Ethernet ini.

Jadi bagaimana donk ?
Menurut hemat penulis, $SYS$Status sudah benar tapi belum lengkap. Pakai $SYS$Status untuk mendeteksi komunikasi PC-PLC plus lengkapi dengan tool untuk mendeteksi status PLC. Silahkan baca artikel ini yang memuat tutorial cara mendeteksi status PLC.

2 Responses to “Ada sesuatu yang kurang di $SYS$Status”

  1. elmauz says:

    $SYS$STATUS emang bagusnya buat monitoring kondisi link ke PLCnya saja. soal status PLC emang bagusnya pake Tag khusus PLC buat internal PLC Statusnya..
    ini klo yang di AB pake GSV itu yak..

Leave a Reply