06 May
Print This Post
Kolaborasi ActiveX Control dengan InTouch

:: Automation :: Component :: HMI/Scada :: Wonderware Add comments
Toekang bukanlah seorang IT-man itu sudah jelas. Jadi kalau muncul tutorial semacam ini, bukan maksud toekang untuk lancang memasuki wilayah tersebut. Artikel ini hanya untuk konsumsi insan-insan Automation yang sering tertatih-tatih dipaksa melek IT(begitu pula halnya yang dialami toekang). Dan bagi yang sudah melek IT, silahkan memberikan koreksi dan masukan jika tulisan ini mengandung kesalahan.

Kapan kita membutuhkan ActiveX Control di aplikasi HMI kita(khususnya InTouch) ?

  • Pertama, jika aplikasi kita memerlukan fitur yang belum disediakan InTouch, misal : akses ke LPT port, akses ke equipment(protokol) yang tidak disediakan Wonderware maupun 3rd Party-nya(penulis pernah membuat protokol sendiri untuk mengakses firealarm NF5 buatan Nitan)
  • Kedua, jika dengan ActiveX Control itu mempermudah proses develepment. Misal : Untuk akses ke data dalam Database yang cukup komplek akan lebih mudah jika dibungkus kedalam ActiveX Control, Membuat report dimana diketahui InTouch sendiri tidak mempunyai fasilitas report sering lebih simple dan powerfull jika dibuatkan ActiveX Control daripada membuat sendiri di InTouch.

Dalam artikel kali ini toekang akan memberikan tutorial singkat membuat sebuah ActiveX Control sederhana dan cara mengintegrasikan ke InTouch.

Anatomi
ActiveX Control nama resminya adalah OLE Control yang merupakan bagian dari sistem COM(Component Object Model), bentuk konkritnya adalah file dengan extensi .ocx. Dari luar anatomi ActiveX Control ini terdiri dari atribut-atribut yang lebih dikenal dengan Property, apa yang bisa dilakukan ActiveX Control ini yang disebut Method dan kejadian-kejadian apa saja yang menimpanya disebut juga dengan Event.

Sebuah ActiveX Control tidaklah selalu mengandung ketiga komponen diatas yaitu Property, Method dan Event. Kadang hanya mengandung Method dan Event saja tanpa Property, bisa juga Property dan Method saja tanpa Event.

Contoh yang absurd
Contoh ActiveX Control yang akan toekang berikan kali ini mungkin sangat absurd karena dalam kenyataannya sangatlah mubazir jika kita membuat hal seperti ini, tapi cukup lengkap untuk sekadar memberi gambaran apa itu ActiveX Control karena mengandung tiga komponen penting diatas. ActiveX Control yang akan kita buat mengandung dua property ValFromHMI dan ValToHMI keduanya bertipe single(Real di HMI), sebuah Event OnValChange dan Method ShowMsg() seperti gambar dibawah ini :
graphics
Dari gambar di atas ActiveX Control – InTouch diharapkan mampu melakukan hal berikut :

  • Menerima nilai ValOutput dari InTouch yang diumpankan ke property ValFromHMI.
  • Mengirim nilai ValToHMI ke ValInput di InTouch melalui sebuah event OnValChange.
  • Menampilkan sebuah Pop-Up message melalui method ShowAlert().

User Interface
Di contoh ini Toekang akan menggunakan bahasa sejuta umat ‘Visual Basic’ untuk membuat ActiveX Control, tentunya C++ atau Delphi lebih powerfull dalam hal ini karena dua bahasa itu lebih pure OOP. Tapi untuk pemula akan lebih mudah berhadapan dengan VB dibanding dua bahasa tersebut, apalagi skrip-skrip InTouch sendiri kental dengan aroma ‘Basic’.

Buka program Visual Basic dan pilih ActiveX Control :
graphics

Isikan atribut-atribut project ActiveX Control kita seperti ini:
graphics

Selanjutnya buatlah User Control layout seperti dibawah:
graphics
Buat satu label, satu textbox dengan nama txtFromHMI, dan satu tombol untuk mengirim value ka HMI.

Property
Property sendiri sejatinya hanyalah sebuah variabel dengan akses global atau public agar bisa diakses dari luar ActiveX Control. Sangat simpel kita bisa membuatnya seperti ini :
graphics
Tapi menurut kaidah OOP yang benar, pantang memberikan akses langsung ke variable. Sangat dianjurkan untuk memberikan akses ke variabel melalui sebuah fungsi, yaitu fungsi Get dan Let (Get dan Set di C++ dan turunannya). Keuntungan memakai cara ini adalah adanya kontrol akses terhadap property. Misal agar property itu hanya ingin bisa dibaca saja(Read Only) kita harus memodifikasinya menjadi :
graphics
Variabel konkrit dari property ValFromHMI sendiri adalah m_ValFromHMI yang private(dim) sehingga hanya bisa diakses dari dalam ActiveX Control. Fungsi Get disini menyalin nilai m_ValFromHMI ke property ValFromHMI.

Sementara untuk membuat property yang hanya bisa ditulis(write only) kode programnya adalah:
graphics
Dengan fungsi Let nilai dari luar Activex Control(NewVal) akan disalin ke variabel m_ValFromHMI, sedangkan statement ‘PropertyChanged’ memberi tahu kalau telah terjadi perubahan nilai property ValFromHMI. Akhirnya untuk membuat property yang read/write cukup dengan menggabungkan kedua fungsi tadi :
graphics

Dalam contoh ini, property ValFromHMI hanya berfungsi untuk menerima data(write) dari HMI yang selanjutnya akan diupdate ke textbox txtFromHMI, maka hanya diperlukan fungsi Let untuk itu:
graphics
Ada tambahan statemen pada fungsi itu yaitu : ‘txtFromHMI.Text = CStr(m_ValFromHMI)’, perintah ini akan selalu menampilkan data terbaru dari property ValFromHMI ke texbox txtFromHMI. Ini juga merupakan keunggulan pemakaian fungsi Let/Get. Bandingkan jika memakai cara akses langsung ke variabel, untuk menampilkan data terupdate akan memerlukan fungsi tambahan mungkin juga sebuah timer diperlukan untuk itu.

Sedangkan property ValToHMI, HMI hanya perlu membaca saja(read only) maka kodenya sebagai berikut:
graphics

Event
Untuk mendeklarasikan event OnValChange caranya sangat simple, buat kode berikut sebelum property(atau sebelum procedure apapun ditulis).
graphics
Semudah mendeklarasi-nya semudah itu pula cara men-trigernya, perhatikan kode berikut:
graphics
Event itu ditriger saat user menekan tombol ‘cmdSend’ atau tombol ‘Send back to HMI’, namun sebelumnya nilai dalam textbox ‘txtToHMI’ harus disalin dulu ke property ValToHMI. Fungsi ‘Csng’ sendiri tugasnya menggubah nilai string ke data bertipe single.

Method
Method sendiri adalah sebuah public prosedure atau public function, tergantung pada ada atau tidak nilai kembalian(return value). Selanjutnya di contoh ini, toekang akan membuat method ShowAlert yang hanya menampilkan message saja, seperti ini:
graphics

Compile, Register dan Unregister
Komponen ActiveX Control ini haruslah dicompile dulu agar menghasilkan file dengan ekstensi .ocx, caranya dari menu File -> Make AxTest.ocx kemudian tentukan lokasi dimana file ini akan disimpan.
graphics
Agar komponen ActiveX Control yang telah dibuat dapat digunakan oleh aplikasi maka komponen ini perlu diregister dengan perintah :
graphics
Perintah diatas untuk meregister komponen ActiveX Control dengan file AxTest.ocx yang diletakkan di drive D. Jika proses register berhasil akan tampil pesan berikut:
graphics

Seandainya komponen tersebut sudah tidak diperlukan lagi dan ingin dibuang dari sistem, maka perintah untuk Unregister-nya adalah:
graphics

Jika cara diatas sangat merepotkan, ada cara yang lebih praktis untuk meregister/unregister ActiveX. Yaitu dengan memasukan perintah-perintah itu dalam windows registry, selengkapnya dapat dibaca di sini. Dengan cara ini kita cukup klik kanan pada file komponen tersebut, selanjutnya tinggal pilih option Register/UnRegister.

Integrasi dengan InTouch
Jalankan Window Maker, pilih menu Special > Configure > Wizard/ActiveX Installation …, pada tab ‘ActiveX Control Installation’ cari komponen AxTest.Test seperti gambar berikut:
graphics
Kemudian klik Install.

Kemudian klik icon Wizard :
graphics
Selanjutnya ke ActiveX Controls dan pilih komponen ‘Test’ :
graphics
Tempel di project kita, atur ukurannya lalu dobel klik komponen tersebut :
graphics
Beri nama ‘TEST’ kemudian klik OK.
Selanjutnya lengkapi project itu seperti ini :
graphics
Buat terlebih dulu dua tag ‘ValOutput’ dan ‘ValInput’ bertipe real selanjutnya buat link ke box seperti diatas.

Langkah pertama adalah membuat script untuk tombol ‘Send to Ax’ seperti ini:
graphics
Nah ActiveX Control itu yang pake embel-embel #, maka untuk ActiveX Control ‘TEST’ dengan property ‘ValFromHMI’ ditulis ‘#TEST.ValFromHMI’. Dengan script ini kita telah mengirim nilai ke ActiveX Control.

Selanjutnya bagaimana cara ambil data ActiveX Control, di sini toekang akan memanfaatkan event OnValChange dari komponen #TEST. Dobel klik komponen #TEST, pilih tab ‘Events’ lalu ketik ‘TESTOnValChange’ sebagai nama skrip ActiveX Event di project ini.
graphics
Selanjutnya buat script ini :
graphics
Skript ini akan dieksekusi setiap ada event OnValChange dari #TEST, yang dari programnya diketahui digenerate saat tombol ‘Send back to HMI’ diklik.

Yang terakhir adalah bagaimana menampilkan message via method ‘ShowMessage’, buat script berikut pada tombol ‘Test Method’ :
graphics

Uji Coba
Jalankan Viewer masukkan nilai ValOut (kotak kuning) kemudian klik tombol ‘Send to Ax’ hasilnya seperti ini :
graphics
Sekarang tekan tombol ‘Send Back to HMI’ di ActiveX Control itu, hasilnya seperti ini :
graphics
Yang terakhir klik tombol ‘Test Method’ hasilnya ini:
graphics
Selesai ! biarpun sangat sederhana mudah-mudahan memberi sedikit gambaran akan apa ActiveX Control, cara buatnya akhirnya bagaimana menggunakannya.

File-file dalam artikel ini dapat didownload di sini :
1. HMI project (InTouch ver 9.5) di sini.
2. ActiveX Control di sini.
3. VB Source Code di sini.

65 Responses to “Kolaborasi ActiveX Control dengan InTouch”

  1. fathoni says:

    heheheh

    thanks ya pak
    aku bisa coba nie
    dari dulu penasaran bisa bikin OCX

  2. ardneh says:

    hehe blajar tutorial ni

  3. Stenly says:

    Lam knal ….
    Pengen nanya… untuk setting node number PLC Omron CPM2A gmna ya???

    • toekang says:

      Salam kenal Juga,
      Waduh seumur-umur toekang belum pernah latih tanding ama Omron,
      mungkin mas Stenly bisa nanyak ke toekangplc.com disana klo
      ngak salah ada beberapa artikel Omron (mudah-mudahan belum di hapus)

  4. Miftah says:

    Ae ?
    ae kak thoni, gmana kbarny ^^

    Kak, Please Help Me… !

    Qu k susahan pas d excel ny ma di data base ny & klo bisa tambahan ny g’mana carany flash (swf) dan scada wonderware intouch saling terkoneksi.

    Kendala :
    1. d excel kn aq dah nyoba pake wwwpoke (), ma wwwrequest ().
    aq coba2x berhasil tuh.
    tpi yg jdi kndala ny sini, file excel harus di buka dulu.
    aq pengen ny langsung tanpa di buka applikasi terlebih dahulu ?
    2. Trus d database ny aq pengen melihat count record d database ?
    3. Trus, bisa g klo di scada wonderware mencari file data terus
    mengupdate ny, tanpa di bantu oleh ActiveX, VB taw pun DELPHI
    jadi langsung di script wonderware ny ?
    4. Trus, g’mana cara ny TREND bisa aq Print Screen
    (ambil grafik gambarnya), buat di PRINT ?
    5. Trus g’mana cara ny, pengen sisipin flash swf, di scada intouch
    & klo bisa var d flash bisa saling terkoneksi ama scada
    intouch ?
    6. Trus g’mana tutorial ny ngegunakan alarm configuration ?

    Aq tunggu jawaban ny y kak, cz ntar lgi mo di running pkerjaan ny.
    Please ya kak.
    Klo bisa sample ny ma doc
    kirim ja ke
    mif_puzzle@yahoo.co.id

    PLEASE…. !
    Sukses trus, buat kak thoni…
    & Sukses trus, buat automation industry.

  5. badoz says:

    Pak, saya mau tanya, untuk aplikasi reporting data plant melalui SMS (Short Message Service) menggunakan InTouch apakah juga harus melalui ActiveX control yang dibuat di software programming (VB/Delphi)?

    Bisa nggak tanpa menggunakan VB/Delphi?

    Contoh aplikasi nyata:
    Client ingin tahu data temperatur boiler A di pabrik tempat dia bekerja. Client tersebut tinggal mengetikkan format sms tertentu, misal “TEMP BOILER A” lalu mendapat balasan, misalnya, “TEMP BOILER A = 75 C”.

    Konsep aliran data akuisisinya untuk contoh aplikasi di atas seperti apa, ya, Pak? lalu, software/hardware yang dibutuhkan untuk penerapannya apa saja? selain InTouch, I/O server, dan GSM/GPRS modem?

    Maaf kalau merepotkan, minta tolong penjelasannya, ya, Pak..
    Terima kasih..

  6. zigan says:

    Salam kenal,

    setelah membaca artikel diatas, berarti bisa dunk kita menggunakan microcontroller sebagai pengganti PLC dalam aplikasi wonderware?

    masalahnya:
    1. data protocol yang di pakai di wonderware? (modbus-rtu ato yang lain) soalnya dari contoh diatas kayaknya tidak memakai protocol khusus..

    2. rencanya saya mau akse lewat port comm/serial. itu kan dah ada activex MSCOMM32.dll punyanya VB, apa bisa kita pake di wonderware?

    maaf klo pertanyaanya banyak yang noob… masih bingung soal OPC

    terimakasiih

  7. toekang says:

    Salam kenal juga,
    Microcontroller sgb penggati PLC dlm app WW? kayaknya agak aneh juga pertanyaannya ya? WW sendiri kan tugasnya hanya akuisisi data, ke mana? ya alat apa aja yg mempunyai protokol yg bisa di kenali WW. Bisa PLC, DCS (contoh Bailey INFI-90), Flowmeter dll.
    Perkara Microcontroller menggantikan PLC, itu lain soal. Yg itu tergantung kebutuhan saat mendesain sistem kontrol.

    Bisa ngak WW konek ke Microcontroller? ya bisa, tinggal si perancang app Microcontroller itu membuat protokol yg di support WW.

    Untuk yg pertanyaan no. 2, bisa. Toekang pernah buat app seperti ini untuk konek ke FireAlarm yg hanya punya protokol buatan dia sendiri. Cuman klo udah bisa VB/VB.net/C# dll napa ngak sekalian buat aja SCADA-nya dr VB? lebih murah toh walau ngak sesimple pake WW.

    OPC, itu simple-nya untuk menjembatani banyak aliran (baca protocol) dr vendor2 yg ada. Dgn adanya standar OPC diharapkan kesulitan app akuisisi data dgn si kontoler bukan menjadi issue yg besar lagi.
    Kalau membaca manual standard object OPC sih rumit, karena musti paham bahasa programan (terutama C). Kalau mau simple ambil aja dari OPC server yg ada di pasaran, trus pelajari contoh aplikasinya.

  8. zigan says:

    Mantabbbb…..jawaban2 nya oke punya…

    ak pengen bikin ya PLC2an dari mikro.. murah2aja yg penting bisa dibikin blajar SCADA.. he3..^_^
    pengen bikin miniPLANT gitu,,,

    taun kemaren ada temen yg TA ne berbau SCADA..sotware pake iFIX..karena pas ditanya ak lum bisa SCADA, ak e bilang ke mereka.. wes karena dah kepepet ujian,SCADAnya dariVB.. jadi sich,,, tapi tampilan grafisnya gak sebagus software SCADA..

    beda iFIX, CITECT ama WW tuh apa.. ak pernah nyoba utak atik vijeo citect,, kok puyeng… konek ke PLC aja ak gak bisa… dlu ak mau konek ke PLC THINGET-XC3.. akhirnya kepaksa bikin dari VB.. coding2…

    nah taon ini, adek2 junior ada yg tanya lagi tentang iFIX… aih2 lagi2 ak bilang blum bisa.. makanya ngebet banget belajar WW.. buat gantiin iFIX…

    ak dah install WW, dah buka book n example project nya tapi masih rada bingung..terutama cara conect ke hardware..
    setauku tiap PLC ada register2nya.. klo mau baca ya di baca register tersebut.. masalahnya klo di WW masukinnya dimana tuh alamt register.. n ngatur protocol yg kita pilih??

    kalau Toekang gk keberatan mohon tutorial bikin APP. dari WW yang super basic aja.. misal baca input digital n analog dari PLC.
    trus ada diplay panel meternya gitu..

    mohon pencerahannya BOSS…
    terimakasih..

  9. toekang says:

    nurut toekang iFIX, Citect dan WW bdnya dimana? ya beda yg buat ..:)
    itu hanya soal selera aja, masing2 punya kelebihan & kekurangan-nya.
    6 taon lalu malah toekang berpendapat Intellution(skr namanya iFix) & WinCC lebih mudah dr WW lho ..:) itu krn kebanyakan yg toekang maintance Intellution smua, skr lebih byk WW-nya ..mlah kebalik opininya ..:)

    di WW itu penjelasan detail item2nya (bisa register bisa pula langsung ke contact(I/O)) itu ada di manual masing2 I/O Server & DAServer setelah kita install, bukan di InTouch-nya.

    untuk contoh coba baca blog ini http://www.hydrogen-fc.com/, sepertinya ada beberapa artikle untuk membuat koneksi SCADA-Controller/PLC …

  10. zigan says:

    boss…. ak dah mulai buat2 appp… tapi ada pertanyaan lagi, kok di wonderware ku dak ada ARCHESTRA IDE nya??? setelah ak baca2 lagi kayaknya installnya harus sendiri?? gak satu paket ama Intouch??downloadnya dimana nech IDE??
    dah GOoLING muter2.. lum nemu jawaban nya…

    thanx…
    {sori pertanyaannya noob lagi}

  11. toekang says:

    Achestra IDE tuh kalau kita mo bikin aplikasi berbasis System Platform or dulunya dikenal dgn IAS.
    Emang InTouch dan System platform adalah product yg beda kok.
    Sederhanayan IAS/System Platform tuh Object Server-nya dan InTouch bisa dijadiin Viewer client-nya.

    Toekang biasanya dpt langsung dr Timaxindo, klo di Internet coba kunjungi http://plc.net.ru

  12. mustangin says:

    Mas, saya mau nanya. Saya pake HMI wonderware, bagusnya pake PLC siemens atau omron. Kelebihan kekurangan masing2 apa, atau email ke mst_lpp@yahoo.com. Thanks…..

  13. toekang says:

    Toekang ngk bisa jawab pertanyaan begini,
    seandainya mas mustangin pake WinCC, toekang pasti jawab PLC Siemens. Mau pake PLC apa mah sesuai kebutuhan mas, Wonderware sendiri sama bagus-nya men-support ke-2 PLC tadi.
    Secara subjektif toekang memilih Siemens PLC krn toekang lebih familiar dgn PLC itu, tapi akan ada byk Engineer PLC diluar sono yg mungkin lebih prefer ke Omron.

  14. Sairin S. says:

    Saya sedang belajar program VB6
    saya menemui kesulitan untuk meng create file tek yang hanya bisa di baca saja (read only) caranya gimana yah…?, kalau boleh kasih contohnya… programnya, terima kasih

  15. muflih says:

    Saya sangat senang walaupun belum tau artinya, hanya baca2 dullu saja.. mudah mudahan ada yg faham tentang apa yg anda bicarakan.. taxz toekang… semoga banyak pahala… ya,,

  16. muflih says:

    kalow boleh belajar VB itu bagaimana untuk mengawalinya ya..? apa bisa download VB versi terbaru ya..? kalow ada lallu boleh minta linknya..? / kirim ke emaeilku neih hmmm…

  17. Rifqi Oncom says:

    wah mantab..tutorialnya kebtulan saya masih newbie di wonderware..lagi blajar2..jadi bisa kolaburasi antar C# .NEt sama wonderware nih.. thx inpo dan tutorialnya.. :-)
    salam kenal.

  18. sela says:

    saya pengen instal vb versi terbaru

  19. Marshal Eng says:

    Bro,,,bisa minta contoh cara connect scada dengan dengan mikrokontroller menggunakan ActiveX Control?tks

  20. Marshal Eng says:

    Bro,,,bisa minta contoh cara connect scada dengan dengan mikrokontroller menggunakan ActiveX Control (koneksi serial rs232)?Tolong infonya bro klo bisa,,,pnting bgt.tks b4

    • toekang says:

      wah .. toekang pernah nyicip elmu Microcontroller bertaon2 lalu dibangku kuliah. elmu itu udah ngk ada bekasnya lagi. Tapi clue-nya sederhana … klo ActiveX-nya dah jalan (misal di aplikasikan dulu di VB). Ya tinggal dibended ke InTouch dengan cara seperti diatas

  21. Arif says:

    Keren pak pengetahuannnya.kl boleh saya minta ilmu.
    saya dapet tugas perancangan HMI pke Wonderware, dengan akuisisi data dengan mikrokontroler.(ky scada tp bukan scada :p)
    intinya I/O PLC dihubungin k mikro,trus mikro cek data yg kemudian dikirim ke PC(HMI WW).rncana saya pke serial dngan bantuan VB 6.0 pk MSComm. saya masih bingung protokol komunikasi WW.apakah saya bisa akses data dr VB 6.0 k WW dua arah pak (control/monitoring)?
    Mohon pencerahannya pak..

    • toekang says:

      Apakah saya bisa akses data dr VB 6.0 k WW dua arah? bisa pake protokol DDE, tapi toekang lebih suka pake OCX saja karena bisa dibundel jadi satu dengan app. WW.
      Yang ini ngk ngerti maksudnya : “intinya I/O PLC dihubungin k mikro” ? klo PLC dah bisa konek ke Micro, napa ngk WW aja suruh komunkasi ke PLC pasti lebih gampang.

      Saran : sebaiknya buat/pake protokol industrial standard di Micro-nya misal Modbus or OPC(toekang pernah liat di kaskus ada orang lokal yg jualan kit micro yg dah support OPC). Dengan begini, dr sisi WW tinggal install I/O server-nya saja.

      Untuk protokol modbus di micro link ini mungkin membantu http://freemodbus.berlios.de/

      • Arif says:

        ini tentang tugas saya pak.
        jdi ada 3 komponen utama, kontroler (PLC), mikrokontroler+VB(serial), dan PC (HMI WW).
        plc dianggap sebagai kontroler luar, data dari plc dibaca oleh mikro.data ini di kirim ke PC secara serial dengan bantuan VB.selanjutnya dengan menggunakan protokol komunikasi, maka data dikirim ke HMI WW. atau sebaliknya dari HMI WW ke PLC.
        saya tertarik merancang OCX untuk membantu komunikasi dari VB ke WW. tujuan akhir dari tugas ini diharapkan dapat menggunakan kontroler dan plc multivendor.karna umumnya HMI berhantung pada PLC (siemens-wincc;omron-intellution)begitu maksud saya pak…
        bagaimana pendapat bapak?

        • toekang says:

          oke saya luruskan asumsinya dulu biar tujuannya jelas :
          1. Tidak ada produk HMI yg hanya bergantung pada satu PLC. Walaupun Siemens menelorkan WinCC bukan berarti dia hanya untuk Simatic PLC n sejak kapan Intelution digandengkan dgn Omron? krn Omron sendiri punya produk HMI juga. Baik WinCC, Wonderware, Intelution ato yg lainnya pasti nyediain paket I/O Server untuk berhubungan dgb Controller/PLC setidaknya dia pasti support OPC.
          2. Dlm dunia industri ada bbrp protokol standard yg bisa dipakai u/ menjembatani komunikasi antar vendor. Ambil contoh Modbus(walo standarisasinya kurang jelas) tapi scr defacto byk dipakai, nah Controller/PLC yg men-support protokol ini hampir bisa dipastikan bisa diakuisisi oleh HMI/DCS dipasaran. Contoh yg lebih general OPC, klo si controller sudah disiapkan dgn driver OPC maka tidak cuman HMI/DCS saja, program2 macam VB, C#, Delphi, Java akan mudah menjalin komunikasi dgn si controller/plc.

          Jadi klo tujuannya bikin uConroller hanya u/ menjembatani si PLC ke HMI maka alasannya tidak tepat. Karena akan lebih simple dr PLC-VB-HMI drpd PLC-uCorntroler-VB-HMI, itupun klo si PLC terlalu udik sehingga tidak dikenali oleh HMI-HMI dipasaran ..:)

          Mungkin tujuan itu menjadi lebih mulia(ini jika hasilnya dishare lho) jika si uController dibikinin OPC server atau si uController ditanem protokol Modbus. Nah jika berhasil urusan ke HMI akan sangat mudah.

          Atau klo ngk, ya jgn jadiin uController sebagai jembatan. Bikin aja PLC-OCX-HMI or uController-OCX-HMI.

          moga2 membantu.

        • toekang says:

          tambahan ..karena itu tugas, ya mau ngk mau harus dilakukan ..:) ada dua cara yg bisa dilakukan :
          1. Bikin program VB yg bisa komonikasi data dgn uConroller, nah dr program ini ke WW pakai komunikasi DDE.
          2. Bikin ActiveX Control (OCX) yg bisa kommunikasi dgn uCpntroller. Trus OCXnya tempel di WW dgn cara seperti diartikel diatas

        • Arif says:

          betul pak..
          saya tertarik untuk saran bapak yang no.2,buat ocx sendiri.untuk uC suya sudah bisa akses 2 arah dengan bantuan VB.sedangkan untuk vb dengan WW saya masih kesulitan,bisa bantu pak…

        • Arif says:

          mohon bantuannya pak…
          saya benar kesulitan mengkoneksikan antara VB dengan WW.saya berencana komunikasi 2 arah antara VB dengan WW.mohon bantuannya.saya menggunakan WW 10.1
          Mohon bantuannya pak…

        • via japri aja mas …pake YM or email e.one@toekangscada.com

  22. nug says:

    mas punya tutorial vijio citect gak mas?

    • toekang says:

      bukannya pas install dah diinstall manual and referensinya.
      plus instal juga project example dan CSV_example rasanya dari dua project itu hampir semuanya lengkap minus akses ke database.
      Oh ya jangan lupa install juga Citect Scada Knowledge Base karena sangat membantu sekali terutapa untuk memahami konsep detailnya.
      Klo dah bisa, coba bikin style sendiri bukan base-on standard or xp_style, krn dr sini kita bisa banyak belajar core-concept dari Citect.

  23. nug says:

    ntar kalu da kirimin ke email bimut30@yahoo.co.id
    thank ya mas?

  24. Hafi says:

    mas permisi numpang tanya ni…. sy kebetulan lagi belajar Citect Scada. gmn y cara mas comunikasi citect scada dengan PLC (OMRON CJ1M CPU22. makasih…. kl mau di share silahkan ato bs tolong email ke, hafi.profile@gmail.com. tolong y mas???

  25. riskyateng says:

    pak saya mau tanyak, apakah mikrokontroler ATmega16 bisa dikoneksikan dengan wonderware?
    klau bisa gmana caranya?
    terima kasih sebelumnya.

    • e.one says:

      cara gampang versi toekang(dgn elmu yg secuil) gini ..klo mas bisa bikin program untuk komunikasi dgn si Micro, nah bikin aja versi OCX-nya dgn bahasa program yg mas bikin tadi, trus tempelin di Wonderware InTouch.

  26. I opine that to get the business loans from creditors you must have a great motivation. However, one time I’ve received a commercial loan, just because I wanted to buy a building.

  27. juki says:

    maaf baru belajar&gabung,mau nanya pak:ada penawaran software VCD/ DVD in touch wonderware 10.1 development&run time tanpa donggle fisik,apakah cd tersebut bisa digunakan (belajar)simulasi?krn info dari penjual / reseller program tersebut akan off setelah 2 jam di run

    • toekang says:

      setau toekang, wonderware intouch tanpa license memang masih bisa dipakai tetapi terbatas pada : pertama untuk Development hanya sampai 32tag saja, jadi program yg terlanjur dibuat or sample yg lebih dr 32tag tidak bisa dibuka. kedua untuk runtime memang hanya sampai 120menint.

      Jadi klo dibilang bisa ya bisa untuk development/runtime hanya 32tag. lebih dr itu baik development or runtime tidak bisa (buka program buatan orang lain juga ngk akan bisa)

  28. toekang says:

    Tag itu kira2 sama dengan variable, jadi tanpa lisensi software tersebut hanya bisa develop & run pada aplikasi program dengan tag/variable tidak lebih dari 32. Gambaran kasarnya gini :
    - Aplikasi kecil tag < 1000
    - Sedang 1000 ~ 3000 tag
    - Besar 3000 s/d 60000 tag.
    Jadi 32 tag itu sangat2 kecil.

  29. Azhar Sylop says:

    mass .. ko di intouch sata ndak tampil Tab ‘ActiveX Control Installation’ padahal step2 diatasnya berhasil kok ndk tampil yh bang saya pakai intouch 2012.. makasihh

  30. toekang says:

    Tab itu akan muncul jika komponen ‘InTouch Supplementary Component’ ikut di install

    • Azhar Sylop says:

      ambilnya di mana tuh bang di IO server intouch nya yah ??? bisa minta link downloadnya bang??

      • Azhar Sylop says:

        “InTouch Supplementary Component” sdh terinstall ko bang toekang tapi tetep aja tab “ActiveX control instalatio” nya gak ada yang ada cmn tab “wizard instalation” .. teokang pakai versi berapa?? kr2 itu begmana yh mas toekang??

        • toekang says:

          toekang coba dari versi 7.1, 8.0, 9.5 dan 10.1 kalau “InTouch Supplementary Component” tidak dipilih pas proses instalasi ya hasilnya akan seperti itu. Cara gampangnya coba aja akses Symbol Wizard … jika suplemantary component tidak di install maka tombol ini juga tidak akan bisa diakses.

  31. toekang says:

    bukan … itu merupakan opsi pas install InTouch, secara default memang tidak terpilih, jadi kudu di centang sendiri.

    • Azhar Sylop says:

      sdh saya centang mas toekang “InTouch Supplementary Component” ketika penginstalan nya kalo ndk salah ada 6 isinya .. symbol wizard bisa diakses ko mas toekang .. trus kira2 apanya lagi yh mas?? punya link download intouch 10.1 nya gak mas?? syapa tau bisa klo instal intouch toekang

  32. Azhar Sylop says:

    jadi solusinya gmana nih om toekang?? harus cari license developmentnya dong yh?? haduh cari dmna yh

  33. joe says:

    misi mas, mau nanya lagi ..
    tapi yang ini beda mas ..
    sebelumnya, makasih mas petunjuk kmaren .. hehe
    oh y mas, sy kebetulan mw integrasi kamera web cam dengan intouch ..
    nah, saya pake nya activex mas..
    yang videocap ..
    nah, saya mw rancangnya integrasi dua kamera dengan satu intouch ..
    itu gimana ya mas ?
    mohon pencerahannya mas ..
    makasih ..

    • toekang says:

      Ya tinggal bikin ocx untuk videocap dgn minimal property ID camera. Nah ocx itu di intouch dibuatkan instance-nya dua buah (tempel di graphic) beri nama yag berbeda misal Cam1 dan Cam2, kemudian isi property ID masing2 sesuai dengan kamera masing2.

      Catatan : ID ini tergantung bagaimana ocx berhubungan dengan kamera, yg penting ID adalah pengenal ke masing2 kamera.

  34. dika says:

    pak kenapa pas saya masukkan Regsvr32 malah muncul to register a module, you must provide a binary name.bla bla..

    kenapa ya pak
    mohon penjelasan ya…

Leave a Reply