10 May
Print This Post
Sinkronisasi waktu PLC, PC dengan NTP protokol

:: Automation :: IT :: Networking Add comments

Sinkronisasi lagi ?? kan kemarin udah di artikel Membuat Time Synchronize PC-PC di Wonderware InTouch ?

Betul, cuman kali ini ada penambahan equipment client yaitu PLC, plus ngak pake perintah simple ‘net-time’ lagi. Yang ini lebih standard, yaitu pake NTP protokol.

Trus apa kelebihannya ?

Namanya juga protokol standard, pasti punya rasa-lebih-lah daripada yang biasa-biasa aja misal :

  • Dimungkinkan untuk sinkronisasi dengan server-server internasional yang bertebaran di dunia maya. Jadi waktu yg didapat lebih akurat.
  • Dari sisi klient baik PC maupun PLC sangat sederhana konfigurasinya.
  • Server dapat dibuat redundant, jadi jika salah satu server NTP ko’it otomatis klient akan pindah ke server cadangan.

Wah menarik juga ya, trus gimana caranya?

Oke, mari Toekang mulai dengan perangkat keras dulu.
Pertama-tama abaikan dulu koneksi ke internet, anggap saja PC dan PLC kita hanya akan disinkronisasikan waktunya dengan komputer lokal dalam satu jaringan saja. Karena tidak ada koneksi ke internet, maka mau tidak mau kita harus membangun sendiri server waktu (yg selanjutnya kita sebut NTP Server) minimal satu dalam satu jaringan. Selanjutnya kita perlu 1 PC klient dan 1 PLC yg akan kita sinkrosisasi waktunya terhadap NTP server. Kira-kira gambaran fisiknya seperti dibawah :
graphics

1. Bikin NTP Server
Nah PC dengan IP 192.168.105.21 itu berfungsi sebagai NTP Server, PC ini bisa dibangun diatas OS Unix-base atau Windows-base. Tutorial yang ini, menjelaskan langkah-langkah gimana menjadikan PC dengan OS Windows XP sebagai NTP Server.

2. Sinkronisasi PC dengan NTP Server
Untuk yang memakai OS Windows XP dan yg lebih tinggi caranya sangat mudah. Tinggal double-klick icon waktu di tray icon -> buka tab Internet Time dan isikan nama atau alamat NTP server seperti dibawah:

graphics

3. Sinkronisasi PLC dengan NTP Server
PLC yg Toekang pake adalah Siemens S7-400 dengan CP 443-1 (Ethernet), untuk PLC lain silahkan cari sendiri yg penting PLC tersebut sudah support protokol NTP ..:)
Untuk S7 PLC, dari segi program ngak ada yg musti diutak-atik, untuk keperluan sinkronisasi via NTP yg perlu dilakukan adalah beberapa seting di hardware konfigurasi. Yang pertama buka konfigurasi CP-443 (CP-343 bagi yg pake S7-300), trus buka tab ‘Time-of-Day Synchronization’ isikan alamat NTP Server seperti dibawah:
graphicsKita bisa atur interval sinkronisasi waktunya antara setiap 10 detik sampai 24 jam (86400 detik) sekali.

Selanjutnya, buka properti CPU-nya, buka tab ‘Diagnostics/Clock’ set Clock Synchronization In the PLC sebagai Slave seperti dibawah :
graphicsKemudian download perubahan konfigurasi ini ke PLC.

Jika konfigurasi berjalan lancar, maka waktu PLC akan selalu update terhadap NTP Server seperti dibawah :
graphics
Gimana ? mudah bukan ? Monggo silahkan di coba ….

Lho belum dong, Toekang kan belum menjelaskan gimana kalau pingin sinkronisasi dengan server-server di Internet ?

Ya gampang saja, tinggal tanya ke IT Dept. masing-masing gimana route untuk bisa akses ke Internet, trus tambah/cocokkan route jaringan kita ..akhirnya pilih server-server NTP yang ada di list ini NTP Pool Time Servers … beres dah ..:)

9 Responses to “Sinkronisasi waktu PLC, PC dengan NTP protokol”

  1. abidin.s says:

    Sip !!! ini nih yg gw cari selama ini, cuman mo nanya bro … gimana caranya klo mo sinkronisaikan time PLC dengan HMI, soalnya di proyek gw hanya ada 1 PLC (S7-315 + CP-341)dan dua HMI InTouch 10.1 ????

    • toekang says:

      Dengan asumsi dua PC plus PLC itu time-nya harus sinkron, maka bisa dibuat gini. Dua HMI itu di set sebagai NTP Server dan salah satu HMI juga si set sebagai NTP client terhadap HMI satunya. Nah di sisi PLC masukkan IP dua HMI itu sebagai NTP server (ini untuk memastikan waktu PLC selalu update walau salah satu HMI off)

  2. Deni says:

    saya lagi butuh PLC 6ES7 332 7ND00 0AB0. Ada yang bisa bantu Saya URGENT

  3. Andhi says:

    Kalo cara setting PC yang client gmn pak??

  4. sandy arif says:

    pak..saya mnta tolng..saya dpat tugas dri skolah untuk buat bel otomatis dg plc omron cpm2a,tp saya bngung cara mnggunakan real time clocknya…mohon penjelasanya pak…

    lewar email saja pak kalau trlalu bnyak
    sandyririn7@gmail.com…terima kasih sebelumnya pak

Leave a Reply