- toekang scada - http://toekangscada.com -

Siemens S7 OpenModbus/TCP Bagian 1 : Modbus Slave

Posted By toekang On May 23, 2010 @ 9:22 pm In Automation,Networking,PLC,Siemens | 63 Comments

Modbus di Siemens PLC? apa perlu?

Tentu tidak kalau keperluannya hanya untuk komunikasi antar PLC Siemens atau ke HMI atau ke device lain yang mendukung protokol standard Siemens yg lebih reliable macam profibus atau profinet. Masalahnya di luar sana banyak sekali device yg menyediakan protokol Modbus tetapi tidak support protokol-protokol di atas.

Artikel ini dibuat karena banyaknya pertanyaan yang muncul tentang Modbus di blog ini juga blog rekan Toekang [1]. Protokol OpenModbus dipilih lebih kepada CP yang dipunyai toekang (CP-343/443), sedangkan untuk menelorkan artikel Modbus RTU toekang perlu CP341/441, nah yang ini ngak ada di lab. Dan sayang sekali protokol ini tidak bisa disimulasi dengan memanfaatkan WinLC + Ethernet General, sehingga musti memiliki dedicated S7 PLC + CP Ethernet.

Untuk belajar OpenModbus atau Modbus/TCP di PLC Siemens akan toekang bagi menjadi beberapa tahap. Pada tahap pertama kali ini, toekang akan membuat S7 PLC dalam hal ini S7-400 + CP443 sebagai Modbus Slave (Server menurut terminologi Siemens). Sebagai Master (Client) akan digunakan 3rd party tool seperti Modbus Poll atau Wonderware DASMBTCP seperti gambar dibawah:
graphics
Langkah-langkah untuk menjadikan S7 PLC sebagai Modbus/TCP Slave dapat dibaca dalam file ini [2], yang menurut toekang sendiri bukanlah langkah yang sederhana jika dibandingkan dengan men-setup Modbus di PLC/DCS di vendor laen.

Hasil Pengujian
Dari hasil pengujian, Modbus/TCP yang dibuat dari Siemens S7 hasilnya cukup memuaskan seperti dibawah :
graphicsgraphics
Bahkan dengan mudah toekang bisa membaca sekaligus 360 register ke slave dari Wonderware DASMBTCP yang dari konfigurasinya sendiri hanya mambatasi sampai 122(entah kenapa hanya segini, padahal dari Modbus/TCP Protokol Spesification tertulis 125) register dalam sekali telegram. Ini dimungkinkan karena FB100 sebagai library modbus/tcp dari Siemens yang toekang pakai telah diatur mekanismenya untuk dapat menerima sampai 625 register ( 5 x 125 ) seperti dibawah :

graphicsgraphics
Dari pengamatan toekang, data-data tersebut diproses dalam tiga tahap(telegram). Masing masing telegram akan memproses 120 register, kemudian akan berpindah ke 120 register berikutnya.


Article printed from toekang scada: http://toekangscada.com

URL to article: http://toekangscada.com/2010/05/23/siemens-s7-openmodbustcp-bagian-1-modbus-slave/

URLs in this post:

[1] blog rekan Toekang: http://toekangplc.com

[2] file ini: http://toekangscada.com/fileserver/files/sie_tutorial/sie_s7_openmodbus.pdf

Copyright © 2008 toekangscada. All rights reserved.