- toekang scada - https://toekangscada.com -

Sulphurising HMI – yang unik dan yang agak berlebihan

Posted By toekang On January 15, 2008 @ 4:27 pm In i design | 6 Comments

Artikel ini merupakan kelanjutan dari seri Sulphurising HMI – Fitur Standard [1] dan Fitur Andalan [2].

Fitur Unik
Unik disini jangan dibayangkan seperti kalimat “believe or not !” yang kesohor itu. Fitur ini sebenarnya sudah ada di InTouch hanya karena tidak sreq menggunakannya, sengaja saya buat berbeda.

» Mini Keypad
Mari kita liat apa yang sudah tersedia di InTouch :
graphics
Sangat tidak menarik dan memakan banyak tempat, padahal yang mau kita masukkan hanyalah angka-angka numerik, karena itu dibuatlah mini keypad ini:
graphics
Hanya dengan sedikit skrip ditambah tempel gambar sana sini jadilah mini-keypad di atas, hmmm ciamik kan ?

Fitur yang agak berlebihan
Agak berlebihan di sini bukannya fitur ini tidak berguna sama sekali, hanya kalau membandingkan antara usaha untuk membuat fitur ini dengan kegunaannya memang terasa agak berlebihan.

» Trensparent Menu
Kenapa ? ini kan merupakan menu wajib di HMI ? Coba lihat ilustrasi di bawah :
graphics
Hanya untuk menciptakan efek fading(transparan) itu, Sebuah ActiveX Control (ocx) harus dibuat dimana di sana juga melibatkan fungsi Window API. Kegunaanya ? ya hanya sebagai menu/picture selector aja, tidak kurang tidak lebih.

» Terlalu banyak kategori alarm untuk analog
Untuk aplikasi Sulphurising ini, kebutuhan alarm-nya sebenarnya cukup high alarm dan low alarm saja, kalau masih kurang biasanya ditambah dengan high-high alarm dan low-low alarm. Tapi ini … ada max3, max2, max1 untuk high alarm dan min1, min2, min3 untuk low alarm. Sangat berlebihan !
graphics
Diawal comisioning hal ini sempat membuat bingung operator, untunglah sudah disediakan fasilitas untuk men-enable/disable alarm-alarm tersebut. Jadi gunakan hanya yang diperlukan saja.

» Drop-down list
Jika menggunakan combobox atau listbox bawaan InTouch drop-down list seperti ini bisa dengan mudah dibuat. Hanya demi kepentingan estetika semata, saya harus bersusah payah untuk membuat drop-down list ini :
graphics
Dimana sulitnya ? drop-down list ini common, jadi dipakai oleh banyak object : analog, PID, Valve, Motor dan Step program. Sedangkan masing-masing object tadi mempunyai jumlah item tidak sama ada yang sedikit ada yang banyak, plus dengan mempertimbangkan estetika area kerja dituntut tidak boleh terlalu besar. Hanya ada satu solusi disini, yaitu membuat skrip ‘pagging’ yang lumayan panjang karena melibatkan skrip-skrip SQL dan Indirect Tag.

Selesai ! Itu semua yang tampak di permukaan, atau dengan kata lain itulah HMI-nya dari project Sulphurising HMI ini. Masih tertarik dengan ada apa di balik itu semua ? silahkan baca artikel “kisah di balik layar” di sini [3].


Article printed from toekang scada: https://toekangscada.com

URL to article: https://toekangscada.com/2008/01/15/sulphurising-hmi-yang-unik-dan-yang-agak-berlebihan/

URLs in this post:

[1] Fitur Standard: http://toekangscada.com/?p=11

[2] Fitur Andalan: http://toekangscada.com/?p=12

[3] sini: http://toekangscada.com/?p=14

Copyright © 2008 toekangscada. All rights reserved.